APBI perpanjang periode klaim ban cacat produksi

Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) telah menerbitkan peraturan baru masa klaim untuk penggantian ban. Tujuan dari kebijakan baru tentu saja untuk kepuasan konsumen mengingat persaingan global semakin ketat.

APBI sendiri merupakan gabungan pengusaha yang memproduksi ban di Indonesia dengan anggota PT Goodyear Indonesia, PT Bridgestone Indonesia, PT. Gajah Tunggal Tbk, PT. Sumi Rbber Indonesia, PT. Industri Karet Deli, PT. Suryaraya Rubberindo Industries, PT. Elang Perdana Tyre Industry, PT. Hung-A Indonesia, PT. Banteng Pratama Rubber Co, PT. Surabaya Kencana Tyre Industry dan PT United King Land.

Selama ini kualitas produksi ban asal Indonesia dipandang sebelah mata oleh eropa walaupun kita sudah mengekspor ke 173 negara. Dengan peraturan baru ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing. Pesaing terberat dalam dunia ban saat ini adalah India.

Untuk ban passenger car, ultra light truck, light truck, truck, bus, ban segmen perkebunan, perindustrian dan off road masa pengajuannya diperpanjang dari 3 tahun menjadi 5 tahun sejak tanggal produksi.

Sedangkan untuk ban sepeda motor akan diperpanjang dari 2 tahun menjadi 3 tahun sejak tanggal produksi. Khusus untuk ban dalam dan flap masa pengajuan klaimnya ditetapkan selama 2 tahun sejak tanggal produksi. Masa pengajuan klaim untuk ban luar, ban dalam dan flap disesuaikan dengan kondisi tertentu yang diakui dan disahkan oleh tim Tire Adjusment Committe (TAC).

Jadi kalo kita mendapati ban yang kita beli ada cacat kita bisa mengajukan klaim ke APBI, kemudian mereka akan mengecek dan kalau memang ada kerusakan atau cacat karena kesalahan produksi, akan langsung diganti.

Kayaknya dalam prakteknya tidak akan sesederhana itu, karena dari kacamata orang awam sulit membedakan mana ban yang cacat produksi dan mana yang bukan. Belum lagi masalah belum jelasnya prosedur dan waktu yang dibutuhkan untuk klaim.

Semoga bermanfaat…

Iklan

~ oleh masbloro pada 24 Agustus 2011.

8 Tanggapan to “APBI perpanjang periode klaim ban cacat produksi”

  1. sip lah

  2. untuk aman sesuai petunjuk ganti ban tiap 3000 km he he

  3. nais info masbro..

    nitip mas
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/27/saran-bagi-yang-mudik-tapi-belum-pernah-jalan-jauh-berkendara-terutama-motor/

  4. salam kenal maz bro
    justmyimage..
    Setiap inovasi untuk kenyamanaan membutuhkan cost yg tidak sedikit tpi menghemat cost konsumen..just myimage mudah2an bila ad yg cacat produksi yg lolos langsung di recall dunk..biar konsumen g ke laen hatee..justmyimage

  5. justmyimage..andai konsumen indonesia diperlakukan seperti konsumen negara2 maju..kenapa bs beda ya?????

  6. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H

    http://warungmotor.wordpress.com/2011/08/29/selamat-hari-raya-idul-fitri-1432-h/

  7. klaim pabrikan ya
    http://motomotif.wordpress.com/2011/08/31/efek-open-filter-pada-motor-standar/

  8. kemajuan sih, tapi dalam praktik di lapangan pasti gak semudah yg di atas kertas………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: