Detail Yamaha YZF R15 versi 2.0

Akhirnya semua teka teki tentang Yamaha YZF R 15 yang disebut sebagai versi 2.0 terbuka sudah. Sambil menunggu keputusan Yamaha Indonesia, mau memboyongnya kemari atau tidak, mari kita simak detailnya seperti yang telah dikemukakan oleh bikeadvice.in, berikut ini :

1. Nama : R 15 dengan embel – embel versi 2.0 seperti mengikuti versi yang biasa dipake di dunia teknologi informasi. Yang jelas tujuannya adalah untuk membedakan R 15 versi sebelumnya.

2. Mesin : Seperti versi sebelumnya, mesin yang digunakan R 15 v 2.0 adalah mesin SOHC yang memiliki volume 149,8 cc dengan pendingin cair. Mematahkan rumors sebelumnya sebesar 22 ps ternyata tenaga yang dihasilkan hanya 17 ps di rpm 8.500 dengan torsi 15 newton meter @ 7.500 rpm. Banyak kalangan di India menyebut bagian ini sebagai bagian yang paling mengecewakan publik. Sebagai pelipur lara adalah telah disematkannya Engine Control Unit (ECU) untuk meningkatkan performa motor.

3. Swing Arm : Penggunaan bahan aluminium pada swing arm membuat motor ini terasa istimewa dibanding motor kebanyakan.

4. Jog Split seat : Jog model split seat menegaskan rasa sporty pada motor ini. Pada jog bagian belakang dilengkapi dengan bagasi kecil untuk menaruh kunci2 standar. Untuk membukanya disediakan kunci yang ditaruh diantara 2 jog.

5. Posisi duduk : Peningkatan ketinggian jog dari 790 mm ke 800 mm membuat posisi duduk lebih tegak dan juga lebih nyaman.

6. Bentuk jog yang lebar : Model jog yang lebar dan permukaan yang kasat membuat boncenger menjadi lebih nyaman.

7. Desain baru pelek : Pelek doble palang 5 membuatnya lebih gampang menyibak angin dan membuat bobotnya menjadi lebih ringan.

8. Desain baru body : Desain bodi secara keseluruhan membuat tampilannya lebih segar. Yang paling mencolok tentu saja pada buritan dengan menata ulang posisi knalpot dan plat nomer membuat R 15 v2.0 makin sporty. Seperti kasus Pulsar 135 LS, spakbor R 15 v2.0 membuat orang Indonesia ilfil.

9. Lampu Led : Penggunaan lampu led pada lampu rem belakang mengikuti tren yang sedang berkembang sekarang membuatnya terlihat cantik.

10. Ban lebar : Penggunaan ban tapak lebar membuatnya lebih gagah ketimbang versi sebelumnya. Ukuran depan ditambah dari 80/90 menjadi 90/80, sedangkan belakang 130/70 membuat penunggangnya semakin PD menikung rebah. Untuk India merek yang dipake sama seperti keluarga Pulsar yaitu MRF yang dikenal awet dan lengket pada trek panas tetapi menjadi licin saat hujan.

11. Rem : Untuk mengimbangi besarnya ban, Yamaha juga meningkatkan kualitas pengereman dengan memasang cakram ukuran 220 mm

12. Warna : Jika versi 1.0  tersedia warna biru, Sunset Red, Midnight Black dan kuning. Untuk R 15 v 2.0 baru tersedia warna biru, Sunset Red dan Midnight Black sedangkan yang kuning kemungkinan menyusul. Sebagai warna favorit kemungkinan adalah hitam dan merah.

13. Bobot : Ternyata penggunaan swing arm aluminium tidak bisa mereduksi penambahan bobot dari aksesoris lain sehingga bertambah 5 kg dari versi sebelumnya dari 131 kg menjadi 136 kg.

14. Wheel base : Bukan cuma bobot wheel base juga bertambah 55 mm dari versi lama 1.290 mm menjadi 1.345 mm. sedangkan tinggi dan lebarnya sama 670 mm dan 1070 mm.

15. ABS : Sayang tidak tersedia versi ABS walaupun kabar kaburnya akan menjadi optional.

16. Harga : Yang paling sensitif tentu masalah harga. Kabarnya versi 2.0 dipatok lebih mahal dibanding versi 1.0. Harga yang di patok di New Delhi sebesar Rs 1,07,000. Harga sepertinya tidak jauh dari sang kompetitor CBR 150.

Secara keseluruhan Yamaha telah melakukan perbaikan dari sisi desain tanpa ada kejutan di sektor performa. Perbaikan di bagian jeroan lebih untuk mengimbangi penggunaan ban tapak lebar supaya tidak kehilangan tenaga dari versi sebelumnya.

Spesifikasi teknis Yamaha YZF R15 Version 2.0:

Dimensi P x L x T : 1.970mm x 670mm x 1.070mm
Jarak Sumbu Roda : 1.345mm
Berat : 136 Kg
Mesin : 149.8cc Single Cylinder SOHC 4-valve Liquid Cooled 4-Tak
Bore x Stroke : 57 x 58.7mm
Kompresi Rasio : 10.4 : 1
Max Power : 17 PS/8.500 rpm
Max Torque : 15 Nm/7.500 rpm
Kapasitas tangki : 12 Liter
Fuel Supply : Fuel Injection
Rangka : Delta Box
Ukuran Ban : 90/80-R17 dan 130/70-R17
Rem : Cakram tanggal depan belakang
Suspensi : Telescopic dan Linked type monocross

mudah mudahan bermanfaat…

Iklan

~ oleh masbloro pada 8 September 2011.

5 Tanggapan to “Detail Yamaha YZF R15 versi 2.0”

  1. nicee banget 🙂

    nitip jemuran buat yang mau entengin kopling 😀
    http://kilatperak.blogspot.com/2011/09/bikin-kopling-enteng-spt-sistem.html

  2. ECU bukannya “Electronic Control Unit” ya??

  3. w pesen 1 cuy, gmn caranya?

  4. mantebb abieeeezzzzzz,,,, hyhy 🙂

  5. manteb.. kapan di keluarin di indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: