Honda Supra X Helm In : kembali ke kit’ah sebuah bebek


Kemarin Honda meluncurkan satu lagi bebek baru yang disebut sebagai varian baru supra X dengan nama Supra X Helm In. Seperti embel – embel helm in pada matik Spacy, Supra X Helm In juga dipersenjatai dengan bagasi besar 19,5 liter dijamin bisa menampung helm di dalamnya.

Bagasi besar memang bukan hal yang baru di Indonesia. Suzuki dan Kymco sudah lebih dahulu mengawalinya melalui motor matiknya. Tetapi untuk bebek mungkin Supra X Helm In adalah yang terbesar untuk segmen bebek.

Dari tampilan Supra X Helm In ini nampaknya merujuk pada tampilan blade yang sudah meluncur duluan. Perubahan paling ketara nampak pada desain headlamp, lampu sen dan stop lamp pada buritan. Secara keseluruhan Supra X ini tampil lebih elegan dan makin sporty.

Dampak dari bagasi besar Supra X Helm In, motor terlihat lebih gendut seperti pada generasi awal 125 cc Honda Kharizma. Seperti pada motor baru lainnya Honda tidak lupa menyematkan sistem lampu menyala otomatis. Kapasitas bensinnya pun telah ditambah menjadi 5,6 liter sehingga tidak perlu sering – sering isi bensin. Apalagi  Supra X Helm In ini diklaim irit bbm dengan rasio 1 liter : 51,25 km.

Soal mesin, Honda masih setia dengan tipe lama yang dikenal tangguh. Mesin 125 cc SOHC mampu menghasilkan power 9,6 ps, sedikit lebih baik dengan tipe lama 9,3 ps. Tidak istimewa memang karena Honda memang lebih suka menonjolkan fungsi ketimbang power yang tidak banyak manfaatnya untuk harian.

Asiknya Supra X Helm In bisa ditebus seharga tipe lama 15,6 juta. Sepertinya Honda setengah tidak yakin akan sukses menjual Supra X Helm In, terbukti targetnya cuma dipatok 8.000 unit saja untuk tahap awal. Kalo ternyata sukses alias diminati konsumen bisa jadi nantinya model lawas akan dilikuidasi. Yah sekarang masih wait and see dulu melihat arah pasar.

Kalo versi Honda sih bilangnya dari rata2 60.000 penjualan Supra tiap bulan menurut survei mereka seperti yang di tulis di oto.detik.com 33 persennya biasa bawa barang kalo naik motor. 33 persen kali 60.000 atau 20.000 itulah menjadi captive market Supra X Helm In. Honda menetapkan target sepertinya memang sangat konservatif alias tidak ketinggian atau terlalu rendah.

Memang sudah seharusnya Honda tidak fokus pada power karena sejatinya bebek memang tidak untuk diajak kebut kebutan. Kalo mau ngebut ya beli CBR bukan bebek. Bebek sudah seharusnya kembali ke kit’ah awal lahirnya bebek sebagai alat transportasi lingkungan yang seharusnya menonjolkan fungsi ketimbang tenaga.

Lagi tergila – gilanya Honda dengan Helm in semoga menular ke pabrikan lain untuk berlomba lomba menonjolkan fungsi yang pada gilirannya konsumen yang diuntungkan dengan produk – produk yang ramah di jalan.

Ini spesifikasi Supra X Helm In yang copy dari detik.com :
– Dimensi: 1.932x711x1.092 mm (PxLxT)
– Jarak sumbu roda: 1.258 mm
– Ground clearance: 135 mm
– Berat kosong: 107 kg
– Tipe rangka: Tulang punggung
– Tipe suspensi depan: Teleskopik
– Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan shock ganda
– Ukuran ban depan: 70/90-17 M/C 38P
– Ukuran ban belakang: 80/90-17 M/C 44P
– Rem: Cakram hidrolik dengan piston depan di roda depan dan belakang
– Kapasitas tangki: 5,6 liter

– Tipe mesin: 4 langkah, SOHC
– Sistem pendinginan: Pendinginan Udara
– Sistem bahan bakar: Karburator
– DiameterXLangkah: 52,4×57,9 mm
– Volume langkah: 124,8 cc
– Perbandingan kompresi: 9,3:1
– Daya maksimum: 9,6 PS / 7.500 rpm
– Torsi maksimum: 1,08 kgf.c / 5.500 rpm
– Kopling: Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
– Transmisi: 4 kecepatan rotari
– Starter: Pedal dan elektrik
– Aki: MF 12 V – 3,0 Ah
– Busi: ND U20EPR9, NGK CPR 6EA-9
– Sistem pengapian: DC – CDI , battery

gambar : mediaindonesia.com, triatmono.wordpress.com

Iklan

~ oleh masbloro pada 15 September 2011.

5 Tanggapan to “Honda Supra X Helm In : kembali ke kit’ah sebuah bebek”

  1. memang Honda lagi trend dengan helm in. cukup bagus inovasinya dan yang pasti fungsional dan sangat berguna.

  2. Yang paling penting disini memang adalah fungsinya dan kembalinya sang supra pada fitrahnya sebagai bebek yang ramah dikantong,irit dan awet,dan bukan mengejar power atau speed yang oleh banyak orang hal tersebut tidak terlalu dipusingkan.
    Ayo honda !!!!!!!!!

  3. bebek ya fungsi :mrgreen:

  4. honda tetap the best dari yang lain………..

  5. untuk kategori yang fungsional sekali, ane kasih dua jempol buat motor ini, but untuk harga, konsumsi sama desain bodynya ane kurang begitu suka deh. terutama buat konsumsi BBM. benarkah dengan penambahan power dari 9,3 PS menjadi 9,6 PS akan real 51,25 km. tar klo ada yg sudah ngetest baru ane yakin. secara bobot juga kan jadi bertambah, dengan kapasitas tangki BBM, Helm In, body juga jadi gede.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: