Antara Federal Oil dan AHM oil

Dulu waktu jamannya masih pake GL-100 dan Supra, oli andalan untuk kedua motor tersebut adalah Federal Oil. Kenapa Federal Oil ? yah karena sesuai dengan rekomendasi yang tertera di motor adalah Federal Oil.

Ibarat dua sisi mata uang, sejak dari jaman bahela antara Federal Oil dan Honda tidak dapat dipisahkan, seiya sekata seiring sejalan. Maklumlah karena keduanya memang dibawah payung holding yang sama Astra group. Bahkan sampai dengan sekarang didaerah – daerah walaupun Honda sudah tidak merekomendasi Federal Oil sebagai oli resmi dan bahkan sudah mendepaknya dari jaringan AHASS, masih banyak pengguna Honda yang masih setia dengan Federal Oil.

Kita tidak tahu apa yang mendasari perceraian Federal Oil dengan Honda. Yang jelas semakin besarnya angka penjualan motor dari tahun ke tahun, membuat para pebisnis tertarik untuk menggarap pasar oli ini. Apalagi Honda sebagai rajanya motor di Indonesia.

Menurut penuturan orang Federal Oil dalam sebuah obrolan ringan pagi tadi, walaupun sekarang Federal Oil harus berjuang sendiri tanpa di dukung Honda penjualannya masih tetap stabil berada dikisaran 10.000 karton per hari. Sebagai informasi satu karton sendiri berisi 24 liter dalam 24 botol. Sedangkan AHM Oil yang sekarang menjadi oli resmi Honda dan didukung jaringan AHASS produksinya tidak sampe separonya.

Dimana AHM Oil diproduksi ? ternyata masih sama di pabrik milik Federal Oil. Kalo gitu cuma beda cap doang dong antara Federal Oil dan AHM Oil…..

Ternyata gak gitu juga. Karena Federal Oil sebenarnya mengambil material olinya dari Pertamina baru kemudian dikemas sendiri oleh Federal Oil, dengan demikian sebenarnya antara oli bikinan Federal Oil dengan oli Pertamina bisa jadi cuma beda cap.

Sedangkan AHM Oil walaupun diproduksi oleh Federal Oil juga tetapi mempunyai lokasi produksi yang berbeda. Orang Federal Oil menuturkan, kalo Federal Oil dibeli dari pertamina tinggal kemas saja, AHM Oil diproduksi dari bahan baku dan racikan bumbu2 berupa aditif diolah dan dikemas di pabrik Federal Oil. Untuk menjaga mutu semua proses produksi diawasi oleh orang jepang langsung.

Bahkan orang Federal Oil ini menuturkan waktu masih belum punya pabrik sendiri Yamahalube pun pernah diproduksi oleh Federal Oil. Semua oli sebenarnya mempunyai bahan dasar sama yang membedakan adalah racikan bumbu berupa aditif yang akan menentukan hasil akhir sebuah produk, bisa diibaratkan nasi rendang yang rasanya bisa beda – beda di setiap warung padang meskipun mungkin resepnya sama.

OOooo gitu ya… setelah tahu semua sekarang pilih mana AHM Oil atau Federal Oil…..

Iklan

~ oleh masbloro pada 23 September 2011.

23 Tanggapan to “Antara Federal Oil dan AHM oil”

  1. tapi kok kerasa banget ya bedanya antara federal oil dengan AHM oil

  2. wah baru tau nih, thanks yah atas sharenya

  3. baru bsok mw ganti oli matik pengen ganti federal aja ah balik maning ke asale

  4. OOOOOOOOOOOOO, gitu towww, ya ya

  5. hmmm…. ternyata oli itu gak beda jauh rasanya dengan nasi rendang……..

  6. ukuran AHM Oil 10/30 ( encer )dan federal 20/40 ( kental ) so untuk masin keluaran baru yang lebih kompak dan celah rapet so pasti wajib pake oli encer.

  7. pake oli Petronas Sprinta..
    dijamin oli yg dua ini pasti K.O

  8. Motor apapun tetep pake federal oil ah… tinggal cari yang sesuai aja, mau encer ato kental.. federal oil punya… nurut ma bapake.

  9. mau honda mau suzuki mau yamaha…..oli ku tetep federal oil.

  10. jadi apa bedanya enduro ama flick?beda wanginya x ya

    • beda enduro sama flick adalah API nya,pengharumnya,enduro API SL,ada pengharumnya,federal flick API SJ,tanpa pewangi,dari segi kualitas bagus enduro

  11. yang lebih sesuai kantong dan motor, hehee…

  12. AHM oil mpx 1 (kopling basah) isinya merk idemitsu, AHM oil mpx 2 (kopling kering) isinya merk federal oil,AHM oil untuk motor usia 0-5 tahun,sedangkan federal oil yang sae 20W-50 untuk motor usia 5 tahun,gampang kan? sesuaikan usia motornya saja

  13. bagaimana pun AHM OIL lebih bagus an lebih irit yg di rekomendasi kan oleh HONDA

  14. ngaco nich statement,klo AHM dr idemitsu oil trus diganti cap nya jd AHM.Di AHASS jg siapin idemitsu oil klo AHM abis. Federal jg dijual di AHASS tp hanya SAE 20W50

  15. klaw motor honda revo spoke yg baru ini .apa olinya .?

  16. enduro racing tak ada yg lain..

  17. jd bgus mana bro antara federal ato ahm????coz biasa pake top 1

  18. Beta pake oli oditson 10w60, oli eropa, mesin gak berisik dan adem.

  19. pilih yg mna yah?? bingung..! mendingan gw pilih minyak kelapa z deh….gkgkgk

  20. bingung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: