Ducati ungkap jeroan mesin buat 1199 Panigale “Superquadro”


Hanya dalam itungan minggu sejak Ducati 1199 Panigale diumumkan akan dilauncing pada gelaran EICMA International Motorcycle Show. Sedikit demi sedikit Ducati mengungkapkan detail dari motor tersebut. Melalui rilis yang diterima Motorek dari Ducati Indonesia terungkap kedasyatan mesin yang disandangnya.

Ducati menganggap rancangan dari motor yang mendapat julukan sebagai Superquadro ini merupakan yang paling ekstrim dari yang pernah Ducati buat. Tidak mengherankan jika Ducati mencangkokkan mesin spesial untuk motor dengan rancangan spesial. Mempertahankan model 90 ° L-Twin Desmodromic karya Fabio Taglioni terus dilakukan pengembangan telah menghasilkan mesin dengan power dasyat sebesar 195hp dan torsi £ 98,1-ft (13.5kgm).

Ducati melakukan perubahan pada layout mesin dengan merubah posisi silinder dan kruk as dengan memperhatikan distribusi berat setelah dipasang pada monocoque frame sang Superquatro. Die-cast menggunakan Vacural® technology memastikan berat yang optimal dengan ketebalan dinding silinder yang konsisten dan peningkatan kekuatan.

Primary – drive casing, clutch casing, outer casing dan cam cover semuanya dcor dengan bahan  magnesium, untuk menghasilkan mesin yang ringan tapi kekuatannya meningkat sebagai bagian integral dari chassis. bahkan untuk beberapa bagian telah disematkan teknologi motoGP demi meningkatkan potensi mesin.

Guna mengurangi gesekan dan kelelahan pada katup digunakan tekonologi di-polimer seperti karbon (PLC), yang merupakan teknologi yang dikembangkan untuk industri kedirgantaraan. Untuk piston dipilih diameter 112mm untuk menjaga kekuatan pada saat rpm tinggi.

Hasilnya bore dan stroke yang luar biasa dengan ukuran 112mm x 60.8mm menghasilkan output 195hp @ 10.750 rpm dan £ 98,1-ft (13.5kgm) @ 9.000 rpm. Rasio bore dan stroke baru 1.84:1 efektif meningkatkan rpm dengan stroke ultra-pendek dari crankshaft dan meningkatkan area silinder untuk memungkinkan peningkatan diameter katup. Katup inlet telah meningkat dari 43,5 untuk 46.8mm dan katup buang dari 34,5 ke 38.2mm.

Demi mengurangi emisi karbon yang dihasilkan Ducati memperkenalkan sistem udara sekunder yang mencampur hasil oksidasi hidrokarbon yang tidak terbakar dan efektif mengurangi tingkat HC dan CO. Sistem ini diaktifkan ketika ECU mesin membaca kondisi spesifik dalam operasi mesin melalui sensor lambda dan bukaan throttle. Kemudian ECU memerintahkan membuka katup yang memungkinkan aliran udara yang bersih dari airbox utama untuk katup buluh di setiap kepala silinder, Ini memungkinkan mengalirkan udara keluar ke exhaust port yang letaknya dekat dengan katup buang. Memasuki titik terpanas dari gas buang, muatan udara segar meningkatkan pembakaran dan membakar sisa bahan bakar.

Pengembangan yang dilakukan insinyur Ducati telah menghasilkan mesin yang lebih ringan 3,3 kg dari sebelumnya dan tidak membutuhkan motor stater dan baterai yang besar. Untuk transmisi Superquadro ini Ducati memilih kopling tipe basah dengan gearbox 6 kecepatan. Kekuatan mesin baru ini tentu saja memberi harapan besar bagi pecinta Ducati untuk segera merasakan kedasyatannya. Sabar ya…

Ini dia gambar penampakan mesin dimaksud :

crank piston

crank piston cams


Semoga bermanfaat…..

Iklan

~ oleh masbloro pada 15 Oktober 2011.

Satu Tanggapan to “Ducati ungkap jeroan mesin buat 1199 Panigale “Superquadro””

  1. Cakep tenan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: