Motor sport low end India akan serbu Indonesia ?

Dipicu dari rencana Bajaj yang akan memasukkan Discover ke Indonesia, ternyata memancing pabrikan India lain TVS untuk bersiap melakukan langkah yang sama. Discover series memang diciptakan untuk orang yang hanya mementingkan fungsi sebagai alat transportasi yang murah, irit dan bandel dengan sedikit mengesampingkan fitur teknologi dan desain.

Walaupun belum ada patokan resmi, kriteria low end untuk motor sport kurang lebih kubikasi 125 cc kebawah dengan harga setara dengan bebek atau kalo bisa dibawahnya. Dari produk yang masih dipasarkan pabrikan yang mendekati pasar low end adalah Thunder 125 dan XCD 125 cc. Untuk Thunder 125 sayang harganya masih tergolong tinggi masih di kisaran 15 juta sedangkan XCD 125 cc sepertinya sudah distop penjualannya karena tidak terlalu sukses seperti pulsar series.

Sepertinya kegagalan XCD 125 tidak membuat pihak Bajaj kapok. Keyakinan Bajaj akan potensi pasar sport berharga murah di Indonesia, membuat Bajaj berencana memasarkan varian lain seperti Discover ke pasar.

Sedangkan TVS akan mengandalkan TVS Metro untuk bersaing dengan Discover. TVS Metro dipersenjatai mesin 4 tak 99,7 cc dengan tenaga 7,5 hp yang bisa di dapat di kitiran 7.500 rpm dengan torsi 7,5 Nm di 5.000 rpm melalui transmisi 4-speed. Mementingkan fungsi, wajah TVS Metro memang tidak seperti namanya. Bisa disebut wajahnya tidak istimewa tetapi juga tidak jelek2 amat.

Saat ini kabarnya TVS sedang mempelajari pasar dan melakukan pengujian terhadap TVS Metro, Diperkirakan kalo semuanya berjalan lancar tahun depan TVS Metro akan siap dilepas kepasar menemani Apache yang berjuang sendirian di pasar motor sport.

 

Discover


Rencana duo India ini patut diapresiasi karena bisa jadi ini menjadi awal dimulainya era-nya motor murah masuk Indonesia. Seperti diketahui setelah ditinggalkan Honda Win pasar sport kelas low end ini kosong alias belum ada pabrikan yang bermain.

Jika ternyata duo India ini sukses meraih pasar bukan tidak mungkin pabrikan Jepang akan mengikutinya. Untuk bertarung, Honda punya Ace CB125 yang kemarin diluncurkan di Afrika atau Honda Twister, Yamaha bisa mengandalkan Yamaha G5 dan Suzuki SlingShot.

Siapa akan menjadi yang pertama dan siapa yang menjadi followernya, kita tunggu saja perkembangannya…

Iklan

~ oleh masbloro pada 18 Oktober 2011.

8 Tanggapan to “Motor sport low end India akan serbu Indonesia ?”

  1. Elik

  2. ga sedap dipandang :mrgreen:

  3. mangstabs!
    Izin share mas bro…

    Salam kenal,
    http://dwidhaswara.wordpress.com

  4. kalau mau lebih sukses lagi sparepartnya sediain yang bener…jangan selalu kosong dan menunggu lama…

  5. kurang gimanaaa gitu… :mrgreen:

  6. tinggal dimodif tampilan, jadi trail.. 😀

    nitip masbro..
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/19/menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari-berdampak-global-warming/

  7. di liatnya aja kurang menarik , apa lg di pake yaa …
    heeemmmm….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: