Motor roda tiga layak gak sih buat angkut orang

Seorang teman lewat FB mengirim gambar sebuah motor roda tiga yang dimanfaatkan untuk mengangkut orang dengan jumlah cukup banyak (liat gambar diatas). Bukan pertama kali ini saya liat yang kayak gitu. Beberapa hari yang lalu saya juga sempat liat di daerah buaran. Ternyata dari obrolan FB itu terungkap merubah motor roda tiga menjadi angkutan penumpang sudah lumrah di berbagai daerah seperti Indramayu atau Lasem Rembang Jawa Tengah.

Kebetulan yang kejepret adalah Treseda RX yang merupakan motor bikinan Kaisar Motor yang juga memproduksi motor2 dengan model mirip dengan motor Jepang. Rata2 motor China (mocin) memang gencar memproduksi motor roda tiga yang pasarnya tidak tersentuh oleh merek Jepang.

Dilihat dari spesifikasinya Treseda RX ini menyandang mesin 150 cc dengan pendingin water cooler. Sebagai penyalur tenaga Tresida ini sudah menggunakan gardan seperti pada mobil. Kapasitas angkut sesuai dengan spesifikasi pabrik adalah 500 kg. Pantas saja 8  orang dewasa plus 2 anak kecil masih sanggup diangkut oleh Tresida ini.

Selain Versi standar Treseda juga tersedia dalam bentuk modifikasi seperti untuk angkut sampah, box, kios, wartel, mixer (pengaduk semen), tangki air sampai warung. Jelas sekali web CV. Triguna Utama sebagai dealer Treseda daerah Jawa Timur tidak menyebut untuk angkutan penumpang.

Tetapi pada nusaadv.com menyebut sanggup memodifikasi menjadi kendaraan penumpang dan bentuk becak motor bermesin 175 cc disebut “ada surat” (liat gambar kedua). Tidak jelas “ada surat” yang dimaksud adalah ijin dari Dishub yang berarti lolos dari uji petik seperti kendaraan roda empat atau surat dalam bentuk lain. Sedangkan unruk bentuk pada Treseda tidak menyebut ada surat atau tidak seperti becak motor.

Modifikasi ini tentunya menjadi peluang untuk menjadikan motor ini sebagai alternatif transportasi penumpang yang murah meriah. Dibandingkan membeli angkot jelas biayanya sangat jauh lebih murah. Apalagi penggunaan mesin motor yang cuma 150 cc menjadikan motor ini sangat irit dan mudah perawatannya.

Tapi apakah motor roda tiga ini aman untuk dijadikan alat transportasi penumpang ? yang bisa menjawab mungkin Dinas Perhubungan yang berwenang mengeluarkan ijin. Jangan sampai ada kasus, baru para aparat bertidak. Saya pribadi melihatnya sangat riskan jika digunakan untuk mengangkut manusia, bagaimana menurut sobat semua….

SPESIFIKASI TEKNIK
DIMENSI
Panjang x lebar x tinggi 3000 x 1250 x 1350 mm
Jarak sumbu roda 2030 mm
Jarak terendah ke tanah 200 mm
Berat kosong 330 Kg
TRANSMISI
Kopling tipe basah majemuk
Transmisi 5 kecepatan bertaut tetap & 1 mundur
Pola pengoperan gigi N-1-2-3-4-5
SISTEM ELEKTRIK
Sistem pengapian CDI-AC, baterai
Busi NDX24EP-U9
Baterai 12V 10AH
MESIN
Tipe 4 langkah OHV pendingin air
Diameter x langkah 62 x 49.5 mm
Kapasitas silinder 149 cc
Daya maksimum 10 kw / 9500 r / min
Torsi maksimum 11 N.M / 7500 r / min
Sistem starter Elektrik & pedal
RANGKA
Tipe rangka kotak
Suspensi depan peredam kejut ganda
Suspensi belakang pegas daun & peredam kejut ganda
Panjang x lebar x tinggi bak 1600 x 1150 x 340 mm
Rem depan tromol
Rem belakang tromol
Ban depan 450-R12-8PR (30 PSI)
Ban belakang 450-R12-8PR (33 PSI)
KAPASITAS
Tangki bahan bakar 11 liter (cadangan 2 liter)
Minyak pelumas mesin 1 liter pada penggantian periodik
Kapasitas minyak gardan 600 cc
Daya angkut beban 500 Kg
Iklan

~ oleh masbloro pada 21 Oktober 2011.

6 Tanggapan to “Motor roda tiga layak gak sih buat angkut orang”

  1. menurut ane sih,
    kenapa gak bro,,,,
    *itu semua kreatifitas yang muncul karena keterbatasan

  2. menegenai aman dan tidaknya jangan ditanyakan kpd pihak yg memberi ijin. Karena asal bayar ijin juga keluar. Coba lihat metromini di jakarta sebagian besar tidak layak jalan karena minim perangkat keselamatan tapi tetap aja lolos uji Kir

  3. opini pribadi bro.
    roda tiga lebih aman dari roda dua.

    roda dua (motor, sepeda) senggol dikit langsung jatoh.

  4. jd inget naik bemo d buaran..

  5. buat juragan yang punya blog and para pengunjung blog ane titip iklan nih.. kantor ane juga jual motor roda tiga model gini hanya mereknya viar. Sama dengan triseda, viar pun bisa di modifikasi menjadi berbagai macam bentuk gerobak. Bahkan bukan hanya sebagai angkutan penumpang saja. Untuk kelayakan motor ini sebagai angkutan penumpang, mungkin yang perlu dipertimbangkan adalah pembuatan karoserinya. Kalo design karoserinya ok, saya rasa sah-sah saja. Maksud saya misalnya tempat duduk penumpang, shock breaker, keselamatan penumpang dan sebagainya perlu menjadi prioritas utama. Kalo semua diperhatikan saya rasa sih ok. Bahkan saat mudik lebaran dulu kantor kami banyak menerima pesanan motor roda tiga buat mudik.. :). oh ya bagi yang butuh / lagi cari motor roda tiga bisa menghubungi kami : KINGTAMA INDONESIA. di 081332980190 / 031-60339905 atau kalo mau lihat2 lapak online kami bisa langsung visit nih di http://www.kingtama-indonesia.com. Thanks

  6. 2013 saya mau coba mudik Depok-Jogja dengan Triseda kaisar XP long ..Bismillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: