Ayo ikutan petisi digital : zona bebas ponsel

Tahukah sobat semua, setiap hari sekitar 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di Jakarta, dan kalo dikumpulkan selama setahun sekitar 1.000 orang mati sia-sia dijalan. Dari angka itu 30 persen kecelakaan lalu lintas di Jakarta disebabkan menggunakan telepon genggam.

Fenomena itu menurutnya terjadi akibat konsentrasi pengemudi yang terpecah akibat menggunakan telepon genggam. Penggunaan hp saat mengendarai sepeda motor atau mobil bukan saja membahayakan diri sendiri tetapi juga orang lain.

UU nomer 22 tahun 2009 pun telah mengaturnya. Pada pasal 283 sangat jelas tertulis :

‘Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Walaupun sudah diancam dengan ganjaran hukuman yang tidak ringan, di jalan masih banyak orang tidak sadar dengan bahaya itu. Sebuah situs IT teknoup.com bekerja sama dengan samsung telah mengadakan kampanye zona bebas ponsel. Kita bisa berpartisipasi acara tersebut dengan ikut menandatangani petisi digital tersebut yang isinya :

PETISI DIGITAL

Kami yang bertanda tangan dibawah ini, bersumpah untuk menjadikan kendaraan kami

Sejak saat ini juga kami berkomitmen untuk berkendara dengan bertanggung jawab, dengan berjanji
mematuhi 3 point di bawah ini:

  1. Tidak akan beraktifitas chatting atau SMS selama mengemudi.
  2. Tidak akan menggunakan dan menjawab panggilan telepon selama mengemudi, kecuali saya menggunakan perangkat handsfree.
  3. Jika kami harus melakukan panggilan telepon maupun chatting/sms, kami akan menepikan kendaraan kami pada lokasi yang aman agar tidak membahayakan orang lain.
Untuk setiap partisipasi pada akhir periode akan disediakan hadiah berupa Samsung Galaxy S II , jika beruntung. Sebuah kampanye yang layak mendapat apresiasi tinggi dan sepatutnya sobat semua ikut mendukung. Sampai dengan tulisan ini dibuat baru 1.024 petisi yang terkumpul.
Sobat semua berminat untuk ikut bergabung ? silahkan klik disini atau gambar di bawah ini :
Iklan

~ oleh masbloro pada 7 November 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: