2012, Chery akan datang lagi ke Indonesia

Chery Faira

Setelah resmi bercerai dengan Indomobil ternyata tidak menyurutkan langkah Chery Automobile Co Ltd untuk ikut menikmati pertumbuhan kendaraan di Indonesia. Saat ini Chery Automobile Co Ltd telah menemukan tambatan hati yang sepadan lewat PT Karya Semesta Investama (KSI) sebagai mitra strategis baru lokal. Kerjasama ini akan efektif pada kuartal pertama 2012.

KSI bukan perusahaan sembarangan, KSI merupakan perusahaan induk dari Grup AMG. AMG Grup sendiri memiliki sebagai anak terlibat di sektor pembiayaan otomotif, yaitu PT Mandiri Finance Indonesia.

Sedangkan Chery Automobile Co Ltd adalah perusahaan BUMN-nya China dengan merek independen terbesar dari produsen otomotif di Cina. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan global perusahaan diklaim mencapai lebih dari 700.000 unit per tahun.

cherys easter cross wagon

Dengan kerjasama tersebut, KSI akan mulai merestrukturisasi bisnis otomotif Chery di Indonesia, termasuk rantai penjualan, logistik, manufaktur melalui pembentukan anak perusahaan baru, yaitu PT Chery Mobil Indonesia (CMI).

Untuk diketahui Chery Automobile mengakhiri kerjasama dengan Indomobil pada tanggal 26 Maret 2011. Indomobil mengajukan talak cerai dengan alasan adanya penurunan kualitas produk Chery sehingga khawatir akan merusak image produk Indomobil secara keseluruhan. Ternyata tidak sampai satu tahun Chery telah mendapat mitra baru KSI dan langsung mengikat perjanjian pada tanggal 8 Oktober 2011 yang ditandatangani Manajer Umum Chery Zhou Biren.

Chery Automobile sendiri mulai melakukan ekspansi keluar China mulai tahun 2001. Seperti di negeri jiran Malaysia kinerja bisnis Chery berkembang pesat dan produk-produknya dapat diterima secara luas.

Chery S22

Menurut rencana KSI  secara resmi akan meluncurkan usaha patungan pada Februari 2012 dan akan mengimpor produk berbagai mobil untuk pelanggan Indonesia, dengan jangkauan yang lebih luas baik dari model, kualitas dan harga.

Berdasarkan rencana bisnis yang dirumuskan oleh Kelompok Pengembangan Bisnis untuk Pasar Internasional Chery di Indonesia 2011, perusahaan akan pasar mendatangkan model anyar mobil mini S22 Yoya. Ini adalah kendaraan keluarga dengan kapasitas kursi 4-6 orang dan mesin 1200-1300 cc, yang dapat dipacu hingga 140 km / jam.

Selain itu, Chery akan merilis sebuah kendaraan serbaguna (MPV), yaitu Easter Cross 2.0 AT, yang lebih mewah dan lebih besar dari S22 Yoya karena dapat transportasi delapan orang dewasa. Meskipun lebih mewah, Chery menjamin harga mobil jauh di bawah Kijang Innova.

Chey A 13

Produk lain yang masuk dalam daftar untuk dipasarkan CMI adalah Chery H5 minibus and Chery Q22 minibus, Chery B14 medium MPV, S12 City car, dan Chery A13 sedan mini. Tentu saja CMI akan menjualnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan pasar. Chery juga melirik pasar mobil komersial dengan meluncurkan pikap Q22B.

Awalnya, produk akan diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) tetapi perusahaan juga akan mengembangkan completely knock down proyek di Indonesia untuk jenis tertentu untuk membuat harga yang lebih kompetitif dan lebih mudah untuk meningkatkan produksi.

CMI telah menghitung dana yang dibutuhkan restrukturisasi usaha Chery di Indonesia telah mencapai US $ 20 juta. Investasi ini hanya untuk modal kerja dan distribusi, tidak termasuk pembangunan pabrik perakitan.

Dengan demikian para pemilik Chery dapat bernafas lega, karena dengan masuk kembalinya Chery akan membuat kelangsungan hidup mobil (spare part) dapat terjaga dan harga jual dapat kembali terangkat.

Chery Q 22

sumber : bisnis.com

~ oleh masbloro pada 16 November 2011.

12 Tanggapan to “2012, Chery akan datang lagi ke Indonesia”

  1. lucu

  2. cina the next superpower menurut ku

    titip om
    http://mariodevan.wordpress.com/2011/11/17/honda-irit-konsistensi-membuahkan-hasil-yang-manis/

  3. mobil eropa & jepang pasti semakin lenyap ditelan harganya yang mahal padahal kualitas sama.

  4. Hello my Dear Chery,

    I Love Chery Tiggo, i am using this car since 2008, and up to day , never ,
    never, got trouble , almost 3 years even battery still using from chery.

    Fuel also economic can be 11km/L for long hauling , and 9km/L for the urban traffic. so Please continue to drive with chery.

    Thanks so much Chery
    Fuad Amin

  5. buktikan saja, mobil chery pasti ramai

  6. Ah jangan mahal2 kalau jualan di negara kita. Jaga S3 nya !

  7. setuju… soalnya masih miara si QQ ijo yang lincah dan imut… hihihi

  8. Hello my Dear Chery,
    I Love Chery Tiggo, i am using this car since 2008, and up to day , never ,
    never, got trouble , almost 3 years even battery still using from chery.
    Fuel also economic can be 11km/L for long hauling , and 9km/L for the urban traffic. so Please continue to drive with chery.
    Thanks so much Chery
    Fuad Amin
    ======
    yes anti trouble car…

  9. Alhamdulilah akhir kita yg punya chery tenang juga.

  10. Hellooo…saya pengguna Cherry elegance 1100 CC thn 2011, sampai saat ini masih OK dengan perawatan rutin u/bahan bakar saya pakai Shell / Pertamax jadi semakin enteng, lincah dan irit bbm, semoga penjualan cherry semakin sukses di Indonesia dan pemakai Chery semakin banyak amiinn…..Bravo Chery!!

  11. mhn infonya kpn ya pastinya chery ada lg di indonesia dan dmn sukucadangnya yg trdekat dr cinere…?mksh atas infonya.

    • Suku cadang untuk chery bisa didapat di Jalan Hasyim Ashari No.1 Jakarta
      belakang Duta Merlin shopping center, alangkah baiknya perlu pemilik chery, bikin club chery, karena parts bisa kita import sendiri kalau quantitynya minimalnya cukup yaitu tiap2 parts minimal order 10.pcs.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: