Hadirkan Fino, Yamaha berusaha mengganjal penjualan matik Honda

Sepertinya sudah hampir pasti Yamaha akan ikut terjun di pasar yang dianggap sempit, matik retro. Yamaha saat ini terus menyiapkan Yamaha Fino untuk menahan laju penjualan Honda Scoopy yang tengah menanjak. Sayang langkah tidak dilakukan tahun ini tapi tahun depan. Seperti yang dilansir vivanews.com menurut General Manager Community Yamaha, Eko Prabowo untuk bisa menaklukkan produk mapan seperti Scoopy segala sesuatunya mesti sempurna, artinya perlu persiapan yang matang. Jadi menurut mas Eko ini langkah Yamaha menelorkan Fino tahun depan bukan langkah yang terlambat.


Memang harus dipahami bahwa mengeluarkan motor baru itu bukan sesuatu yang mudah, sebelum resmi dijual motor harus melalui serangkaian pengujian. Setelah lolos pengujian didaftarkan untuk masuk produksi dan sebelum produksi tentu harus menyiapkan vendor yang akan menyuplai sparepartnya, menyiapkan line produksinya sendiri, promosinya, distribusinya sampai akhirnya dilauncing.

Yamaha Fino memiliki dimensi 1830x705x1050 mm. Skutik retro ini dibekali mesin air-cooled 4 Stroke SOHC 2-Valve berkapasitas 113,7 cc, lengkap dengan V-Belt Automatic. Dengan body retro klasik yang ciamik Fino layak untuk bersaing dengan Scoopy milik Honda. Tidak ada keraguan terhadap kualitas produk dari Yamaha ini.

Kunci kesuksesan Fino adalah memilih strategi untuk memenangkan persaingan dengan Honda. Model Retro bisa disebut Honda Scoopy adalah sang pelopor. Untuk menaklukkan sang pelopor perlu upaya yang lebih besar. Yamaha harus menonjolkan sesuatu yang lebih dari Fino dibandingkan dengan Scoopy.

Dalam strategi memenangkan persaingan dengan membuat inovasi yang lebih dibanding kompetitor bisa merubah difinisi tentang “pelopor”. “Generasi Y” akan memandang pelopor bukan pada siapa pencetus teknologi namun lebih kepada siapa yang berhasil mengembangkannya dalam produk – produk yang lebih sesuai dengan pola dan kebutuhannya. Ketika persaingan sudah mulai sengit, dalam kondisi tidak lagi blue ocean tetapi sudah berdarah darah alias red ocean, strategi yang agresif harus dilakukan agar bisa keluar dari kondisi tersebut.

Yamaha telah belajar banyak mengenai hal itu dan sukses dengan Vixion. Vixion berhasil memenangkan persaingan di segmen sport dengan teknologi dua langkah didepan kompetitor. tidak mengherankan jika sampai sekarang vixion masih belum terjangkau oleh lawan – lawannya. Kehadiran Fino bisa membuat pertarungan lebih seimbang. Bukan tidak mungkin kehadiran Fino bisa mengganjal penjualan matik Honda.

gambar : vivanews.com, nipvanjava.wordpress.com

~ oleh masbloro pada 21 November 2011.

6 Tanggapan to “Hadirkan Fino, Yamaha berusaha mengganjal penjualan matik Honda”

  1. Kan motor retro gak cocok dijual disini dan paling2 cm uforia sesaat…..tp kok ikut2tan jualan, katanya jg kualitas lbh baik kok velg peyang msh dijual, kenalpot nembak, komstir oblak dan segitiga patah, klu gini kualitas apaan om……..apa standart ymki seperti ini.

  2. kelebihan fino apa dibanding scoopy?
    bukannya Fino itu si jadul mio yg ganti baju?
    dari sisi teknologi, desain, fitur dan engine kayaknya masih dibawah scoopy.
    kecuali fino dibanderol 6 juta ane yakin akan laku.

  3. ^^^ yaaaa minimal plastiknya bukan plastik mainan kayak scoopy, Boss!

  4. Strippingnya kok NDESO gitu ya?

    hmmm…
    sependapat dgn bro2 diatas semiga harganya masuk akal dan gak OPERPRESS lg.

    jgn spt motor2 yamaha yg lain yg selalu minim fitur dan teknologi tp OPERPRESS…

    kejadian lexam jgn sampai teulang lg, motor jadul miskin fitur tp dibanderol lebih mahal dari revo AT yg cangih dan safety

  5. ymki ga rela klo scoopy berenang sendirian di market pecinta motor tampilan unik. makanya, demi menjegal itu bela2in jilat ludah sendiri (drpd jilat ludah org lain). tapi, ane setuju sm bro2 diatas. klo cm mio ganti baju ya mending benerin si mio aja dulu deh. teknologi dah jadul…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: