Vespa kembali ke India tanpa Bajaj

Vespa brand dibawah kendali Piaggio akhirnya memutuskan untuk kembali ke India tahun depan. Skuter yang pernah mengalami masa kejayaan di India ini akan membangkitkan kembali memori kalangan orang tua saat masih muda. Vespa telah menyiapkan dana sejumlah 30 juta rupee untuk membangun pabrik berkapasitas 1,5 laks tanpa menggandeng patner lokal.
Membicarakan Vespa di India tentu saja tidak bisa lepas dari Bajaj. Piaggio masuk pasar India tahun 1960 dengan menggandeng Bajaj Auto. Setelah satu dekade berjalan tepatnya tahun1971 karena ada gejolak politik yang menuntut privatisasi India kerjasama itu berakhir. Selanjutnya Piaggio melalui LML kembali masuk 1983 dalam bentuk perusahaan joint ventura.Nasib belum berpihak pada Piaggio karena tahun 1999 perusahaan JV itu bubar karena berselisih.
Belajar dari pengalaman sebelumnya saat ini Piaggio kembali ke India dengan mendirikan anak perusahaan di bawah Piagio Italy langsung. Setelah satu dekade menghilang tidak mudah bagi Piaggio kembali kepasar yang telah dikuasai motor2 Jepang dan lokal. Vespa LX 125 125cc akan menjadi senjata pertama Piaggio yang dilepas ke pasaran. Motor dengan tenaga 10bhp ini akan turun ke jalan tahun depan.
Saat ini Hero tengah menguasai pasar motor roda dua di India walaupun telah ditinggalkan oleh Honda. Honda sendiri memimpin penjualan motor skutik dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen dari penjualan skutik India. Sementara mantan patner Piaggio, Bajaj Auto telah meninggalkan pasar skuter dengan fokus pada model sport.
Seperti juga di Indonesia penjualan skutik di India mengalami pertumbuhan yang berarti. Dari  total penjualan motor di India skutik berhasil mengambil porsi 15% dari total penjualan motor. Angka tersebut tentu saja sangat menggiurkan untuk bisa ikut menikmatinya apalagi Piaggio pernah mengalami masa kejayaan di India kala berpartner dengan Bajaj Auto.
Kita tunggu saja kiprahnya tahun depan apakah nama besarnya dimasa lalu akan membantu Piaggio meraih kesuksesan.
sumber : bikeadvice.in
Iklan

~ oleh masbloro pada 21 November 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: