Ini dia skema mobil murah menurut pemerintah

Saat ini pemerintah terus menggodok skema proyek mobil murah dengan berbagai pihak yang terkait. Selain aspek teknologi pemerintah juga tengah menyiapkan aspek legal agar proyek ini bisa berjalan dari hilir ke hulu. Sepertinya pemerintah tidak sekedar menginginkan mobil murah tetapi juga mobil yang ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar yang irit atau sering disebut sebagai eco car. Selain itu pemerintah juga berkeinginan agar mobil bisa diekspor keluar negeri.

Tidak mudah memang menterjemahkan sebuah mobil murah sesuai dengan keinginan semua pihak. Konsumen jelas ingin mobil dijual semurah mungkin bahkan kalo bisa seharga sebuah motor sport 250 cc. Tapi produsen tentu punya itungan sendiri karena selain ongkos produksi pabrikan juga harus bayar pajak dan punya untung agar dia juga bisa tetap hidup.

Bagaimana skema mobil murah versi Indonesia ? ada dua skema yang sedang disiapkan pemerintah. Berikut ini skema pertama :

  1. Kapasitas mesin 1.000 cc ke bawah
  2. Konsumsi BBM minimal 1 liter untuk 25 km
  3. Harga jual antara 80-90 juta per unit
  4. PPnBM turun dari  10% menjadi 5 % asal dapat memenuhi kandungan lokal 80%

Sedangkan skema mobil murah yang kedua adalah sebagai berikut :

  1. Kapasitas mesin maksimal 1.200 cc
  2. Konsumsi BBM minimal 22 km/liter
  3. Diijinkan hanya merakit di dalam negeri (CKD)
  4. Wajib memenuhi kandungan Asean minimal 40 %
  5. PPnBM turun dari 10% menjadi 7,5%

Dalam skema low cost dan eco car, pemerintah mewajibkan komposisi kandungan lokal untuk peralatan suku cadang, permesinan serta desain mencapai 80 %. impor boleh dilakukan 20% sepanjang industri dalam negeri tidak bisa memenuhinya. 80 % dari kandungan lokal tersebut wajib dipenuhi oleh pabrikan otomotif dalam waktu 3 tahun. Diantara kandungan lokal yang wajib dipenuhi diantaranya komponen body utama seperti panel kiri dan kanan, roof, rear roof beam, dan under body line. Selain itu pabrikan juga wajib mengembangkan mesin kecil antara 700-1.000 cc dan 1.000-1.200 cc yang memenuhi kualifikasi standar Euro II.

Melihat kondisi seperti di atas, jangan berharap harga sebuah mobil murah versi pemerintah ini akan semurah mobil murah versi India dan sebenarnya mobil murah Indonesia tidak murah – murah amat.

~ oleh masbloro pada 25 November 2011.

6 Tanggapan to “Ini dia skema mobil murah menurut pemerintah”

  1. Hanya mimpi…. sementara korupsi masih ada di segala lini kehidupan birokrasi…..

  2. Lumayan buat ngangkut pasir

  3. tetep mahal dong…kirain bs murah spt india.

  4. Impor mobil murah india aja klo begitu…

  5. ga bakalan terwujudlah sampai kapanpun soalnya pemerintah republik indonesia mengutamakan fee daripada produksi. mana ada pemerintah republik indonesia mau ijinkan kalau ga ada fee minimal 15% dari harga konsumsi?

  6. tul banget, bahasanya aje yg nampak di katakan murah, padahal terlalu banyak birokrasi yg harus terlewati hingga akhirnya tetap mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: