Suzuki Alto Eco 2012, semakin iriiit

Seharusnya mobil ini kudu masuk ke Indonesia, desainnya makin cantik dan imut, bensinnya makin irit pula. Suzuki Alto ini sempat diisukan akan dilauncing ke Indonesia saat gelaran IIMS 2011 kemarin. Entah kenapa sampai sekarang belum ada kelanjutannya. Embel – embel Eco menandakan kalo mobil ini irit BBM. Tingkat keiritannya sangat mengagumkan, 1 liter bensin buat Alto bisa untuk jalan-jalan sejauh 30,2 km. Kabarnya keiritan ini dijamin keasliannya karena sudah dilakukan pengujian belasan kali di Jepang dan bukan dari hasil kontes irit-iritan. Kalo dipasarin ke Indonesia rasa-rasanya tidak ada yang sanggup mengalahkannya.

Rahasia keiritan Alto adalah penggunaan mesin generasi baru R06A 660 cc bertenaga 65 hp dan torsi 63 Nm dipadu dengan transmisi CVT. Dan mesin ini semakin irit berkat penggunaan teknologi  idling stop systim sama seperti yang digunakan Honda PCX dimana mesin akan mati secara otomatis ketika berhenti dan ketika diinjak gas mesin kembali menyala.

Desain eksterior cukup menawan, bodynya terlihat semakin aerodinamis yang dapat mengurangi resistensi yang ditimbulkan oleh angin. Sedangkan interiornya sudah semakin baik dengan dipasangnya perangkat CD player hingga keyless entry. Yang belum ketahuan adalah masalah AC, dengan mesin yang relatif kecil penambahan fasilitas AC akan sangat membebani kinerja mesin.

Suzuki Alto sendiri mempunyai sejarah yang cukup panjang, keluar pertama tahun 1979 mobil yang bisa dikatagorikan sebagai small car atau sekarang sering disebut sebagai city car mempunyai banyak nama. Ada yang menyebut Suzuki Mehran, Suzuki Hatch, Maruti 800, Maruti Alto, Daewoo Tico, Nissan Pixo, Suzuki Cervo dan  Suzuki Cervo Mode. Tercatat dari awal sampai sekarang sudah melewati 7 gerenasi, mulai dari SS30/40 sampai generasi ke 7 tahun 2009 yang merupakan kembaran dari Mazda Carol.

Suzuki Alto untuk sementara ini baru dipasarkan di Jepang mulai 13 Desember 2011 dengan 2 varian L yang dibandrol 895.000 yen atau sekitar 104,3 juta dan S  dibandrol 995.000 yen atau sekitar 116 juta. Kalo saja Suzuki Indonesia mau memasukkannya ke tanah air Alto ini bisa menjadi next generation dari Karimun atau tetap dengan nama Alto.

sumber : detik.com, mobil69.com

About these ads

~ oleh masbloro pada 29 November 2011.

3 Tanggapan to “Suzuki Alto Eco 2012, semakin iriiit”

  1. jadi inget sama Nissan Micra alias March :mrgreen:

    Suzuki memang jagonya mobil2 kecil….mungkin udah saatnya Suzuki Indonesia merambah pasar mobil premium dengan meluncurkan Kizashi, bisa jadi pesaing Camry tuh, dengan desain yang lebih sporty :smile:

  2. kapan masuk indonesia? hmmm lebih murah dari nissan march nih…

  3. Wah harga buat indobesia harusnya lebih murah,karena kantong pas buat kebanyakan rakyat,murah,irit,mutu,kuat ! Ya kan rakyatku ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: