Musim hujan tiba, waspadai aksesoris motormu!

Memasang aksesoris pada motor maupun pengendaranya memang bisa membuat kita tampil beda. Tapi sadarkan kita kalo aksesoris tersebut bisa mengundang bahayasaat musim hujan? Penggunaan variasi atau aksesoris yang tidak pas dengan kondisi saat musim hujan bisa mengundang bahaya yang bisa berakibat fatal.

Ini dia aksesoris yang bisa mengundang bahaya :

1. Ban

Sebenarnya perusahaan memasang ban pada motor telah disesuaikan dengan bobot motor, kondisi jalan dan musim panas maupun hujan. Tapi seringkali kita tidak puas dengan ban bawaan pabrik. Ada ban yang ukurannya dikecilin atau digedein. Ban ukuran kecil membuat motor gempang terpeleset karena daya cengkeramnya berkurang. Apalagi kalo musim hujan, genangan air membuat lubang tidak terlihat. Buat motor memakai ban berukuran kecil lebih beriko jatuh. Hal yang sama juga terjadi pada ban off road yang dipakai di aspal.

2. Jas hujan Batman

Sudah sangat jelas jas hujan model batman sangat berbahaya. Juntaian jubah jas hujan beresiko terlilit di roda atau rantai. Banyak kasus yang berawal dari jas hujan yang terlilit roda berujung pada kematian karena tercekik jas hujan.

3. Selonsong grip setang dari logam

Selongsong grip setang dari bahan logam memang membut tampilan lebih keren. Tapi karakter logam yang tidak keset menjadi sangat licin ketika basah. Handling terhadap motor menjadi sulit. Kondisi ini sangat berbahaya ketika menghadapi situasi mendadak.

4. Footpeg logam

Pijakan kaki atau footpeg dari bahan logam juga berpotensi menimbulkan bahaya, baik footpeg di bagian pengendara maupun pembonceng. Sama seperti nomer 3, permukaan logam akan menjadi licin kala air hujan mengguyur.

5. CVT bukan bawaan pabrik

Khusus pengguna motor matik, sebaiknya menggunakan kotak Continously Variable Transmission (CVT) bawaan pabrik. Pasalnya, kotak CVT dari pabrikan telah dirancang untuk melindungi komponen vital skutik itu dengan baik, termasuk saat hujan. Penggatian kotak CVT variasi yang banyak lubang akan menyulitkan kitas saat melibas genangan air. Kotoran dan air dengan mudah masuk rumah CVT dan mempercepat kerusakan komponen CVT.

6. Sarung tangan Hati hati saat memilih sarung tangan yang dipakai saat musim hujan. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan sarung tangan berbahan  polyester karena bahan itu licin kala terkena air. Pastikan pula ukuran kaus tangan pas dengan ukuran tangan Anda, sehingga kaus tangan tak menampung air kala hujan mengguyur. Pastikan pula, kaus tangan itu lentur atau tidak kaku.

Semoga bermanfaat

sumber : tempo.co

gambar : monitorindonesia.com

~ oleh masbloro pada 5 Desember 2011.

4 Tanggapan to “Musim hujan tiba, waspadai aksesoris motormu!”

  1. sipp sahh

  2. Putstep Pikson dari sono nya udah logam

  3. WAH, ane pake jas hujan batman

  4. trims ya gan…infonya
    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: