Plus minus Bajaj – KTM dijual terpisah di Indonesia

Bajaj Auto, melalui Direkturnya Dinesh Kulkarni sudah memastikan bahwa penjualan produk KTM akan dipisahkan dengan membagi manajemen menjadi dua. Itu artinya KTM akan memulai dari nol pemasarannya di Indonesia.

Seperti diketahui penguasaan saham KTM oleh Bajaj membuat KTM bisa saja dijual melalui jaringan bajaj yang sudah ada di Indonesia, tetapi ternyata tidak dilakukan. Padahal dengan memanfaatkan jaringan Bajaj yang sudah ada penetrasi pasar bisa dilakukan dengan cepat tanpa keluar duit lebih banyak.

Masuknya KTM melalui jalur Bajaj juga akan berdampak positif terhadap image Bajaj sendiri. Nama KTM yang sudah mendunia akan menaikkan citra Bajaj seperti halnya Proton yang menjual nama lotus pada setiap produknya.

Terus apa kerugiannya ? tentu saja KTM sebagai produk premium dengan segmen kelas menengah ke atas mempunyai standar pelayanan yang tinggi. Biasanya konsumen kelas premium maunya diperlakukan istimewa dan tidak mau dicampur campur dengan motor pasaran. Tentu saja akan mudah membentuk tim baru dengan standar yang diinginkan ketimbang meningkatkan standar pelayanan yang sudah ada (jaringan Bajaj). Disisi lain mungkin ada kekhawatiran jika dibawah dealer Bajaj bisa terjadi salah penanganan atau salah urus sehingga bisa menurunkan image KTM. Lha wong ngurus spare part saja gak beres-beres gimana kalo ditambahin ngurusin KTM?.

Soal jaringan yang harus dibangun lagi dari nol, rasa-rasanya tidak masalah karena target utama pasarnya mestinya berada di kota – kota besar. Target penjualannya juga tidak telalu besar sehingga penanganannya juga tidak membutuhkan jaringan 3s yang luas. Seperti juga motor kelas premium lain, mereka tidak membutuhkan jaringan yang terlalu luas karena biasanya motornya bukan motor harian sehingga tidak terlalu sering diservice. Tidak seperti kita yang suka kebingungan jika motornya mogok, kalo konsumen kelas atas tidak mau repot maunya tinggal telpon urusan beres.

Masuknya KTM di Indonesia tetap akan meningkatkan image Bajaj karena walaupun dipisah manajemennya kebanyakan bikers tahu kok bajaj bersaudara ama KTM. KTM tetap KTM dan Bajaj tetap Bajaj!

~ oleh masbloro pada 12 Desember 2011.

2 Tanggapan to “Plus minus Bajaj – KTM dijual terpisah di Indonesia”

  1. nice artikel masbro..
    nitip yak..topic sama😀
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/12/13/imho-ada-satu-cara-merebranding-ktm-agar-melepaskan-diri-dari-image-mocin-saran-untuk-ktm-bai/

  2. oh begitu toh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: