Memetakan perang skutik Honda vs Yamaha

Selalu menarik jika kita mengamati persaingan antara Honda dengan Yamaha. Sementara ini Honda unggul jauh dalam total penjualan. Kontribusi penjualan Honda berasal dari segmen bebek dan matik. Motor matik memang telah mengambil peran utama dalam penjualan motor kedua pabrikan tersebut. Peran matik bahkan telah melewati bebek sebagai lokomotif penjualan.

Dalam perang matik ini jelas sekali kalo Yamaha sangat mengandalkan mio untuk mendongkrak penjualan. Kehadiran Xeon nampaknya belum memberikan kontribusi yang maksimal buat Yamaha. Sementara Honda lebih merata dalam kontribusi penjualannya. Untuk bisa memetakan persaingan dalam perang matik antara Honda dengan Yamaha, saya mencoba memilah-milah dengan menyandingkan penjualan masing masing tipe yang kira-kira sebanding. Coba perhatikan data tabel penjualan dari Januari sampai dengan Oktober 2011 berikut ini :

Data Penjualan Skubek Data Penjualan Skubek
Yamaha Mio Sporty 985.970 836.438 Honda BeaT
199.195 Honda Scoopy
162.402 Honda Spacy
985.970 1.198.035
Yamaha Mio Soul 290.985 221.087 Honda Vario CW
Yamaha Xeon 162.224 515.760 Honda Vario Techno
Total 1.439.179 1.934.882 Total

Secara umum dalam konstilasi perang matik ini saya bagi dalam tiga kelompok besar. Yamaha mio dikeroyok oleh beat, scoopy dan spacy, kemudian mio soul vs Vario CW dan Xeon vs Vario Techno. Pengelompokan ini memang debatable dan bro semua mungkin boleh punya pandangan lain. Pengelompokan ini berpatokan bahwa semua produk harus memiliki lawan. Untuk Spacy Helm In Injeksi belum masuk karena data yang ada agak jadul per Oktober 2011.

Di kelompok pertama memang Honda unggul telak. Strategi keroyokan memang menjadi senjata ampuh untuk menandingi sebuah mio. Honda unggul dengan penjualan sebesar 1.198.035 sedangkan Yamaha tertinggal dengan 985.970. Kalo dipilah lagi sebenarnya mio masih lebih baik dari beat, tapi karena ada dukungan dari scoopy dan spacy Honda berhasil mengungguli Yamaha.

Di kelompok kedua mio soul berhasil mengungguli vario. Keturunan dari mio ini berhasil raih penjualan sebesar 290.985 sedangkan vario hanya meraih 221.087. Pada varian tertinggi Vario Tecno unggul jauh Xeon. Keunggulan kubikasi mesin ternyata tak berarti apa2 bagi Vario Tecno. Secara keseluruhan pantas jika Honda menggunguli Yamaha, strategi deferensiasi produk yang dengan pilihan model yang tepat berhasil Honda mempercudangi penjualan Yamaha.

Ketergantungan Yamaha pada mio akan menjadi bom waktu buat Yamaha. Kejatuhan pada mio berarti juga kejatuhan untuk Yamaha secara keseluruhan. Jangan ragu ragu untuk terus melakukan penyegaran agar penjualannya tetap stabil. Yamaha juga harus menghadirkan produk2 baru untuk menopang penjualan mio. Kehadiran Fino diharapkan bisa diharapkan akan memperbesar kue Yamaha asal harga yang ditawarkan jangan terlalu tinggi, maksimal sama dengan scoopy. Untuk Xeon Yamaha cukup merubah strategi marketingnya dengan reposisioning yang lebih jelas.

 

~ oleh masbloro pada 13 Desember 2011.

6 Tanggapan to “Memetakan perang skutik Honda vs Yamaha”

  1. yamhaa semakin jauh ketinggalan

  2. PERTAMAX GA YA

  3. Dari data di atas, dan juga dari desas-desun motor baru kompetitor yang bakal brojol, sebenarnya sudah jelas apa yang harus dilakukan Yamaha untuk mengembalikan tahta skutiknya. Kecuali para direkturnya gak pernah sekolah…

  4. wajarlah,secara honda mainya kroyokan,,,tpi yamaha pasti akan melangkah jauh kedepan…………………………………..

  5. law gk mau dikeroyok, makany pande2 berinovasi lh.
    Ne bru skutik yg d patahkan penjualan yamaha oleh honda, bentar lg d kelas sport honda mematahkan penjualan yamaha, terutama vixion, penjualan bebekny yamaha gk snggup lawan honda.
    Honda di lawan

    One HEART
    semakin jauh di depan

  6. Pertama skali yg memperkenalkan motor matik di indonesia adalah Yamaha ” MIO ” sedangkan honda hanya nempel doang untuk saingi Yamaha. I Love Yamaha “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: