Esemka, bikin ATPM kebakaran jenggot

Keberanian walikota Solo menjadikan Esemka menjadi kendaraan dinas rupanya menjadi promosi yang ampuh untuk menggebrak pasar otomotif tanah air. Sosok walikota Solo Joko Widodo yang dikenal sangat dekat dengan warganya ini telah memaksa banyak pihak ikut melirik dan berkomentar soal mobil Esemka ini.

Walaupun mendapat komentar sedikit miring dari seteru sekaligus bosnya gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Pak Walikota Joko Widodo siap mendukung dan menjadi investor walaupun kelak sudah tidak menjadi walikota.

Bahkan Esemka Rajawali menarik minat ketua DPR RI Marzuki Alie yang berencana membeli mobil Esemka karya siswa SMK 2 Surakarta, Solo. Tentu saja dukungan dari berbagai kalangan ini membuat ATPM seperti kebakaran jenggot. Komisaris Utama Indomobil Subronto Laras melalui koran Bisnis Indonesia hari ini belum-belum sudah menduga ada sesuatunya di balik Esemka.

Menurutnya tidak mudah membangun otomotif dari nol sampai bisa diproduksi masal. Butuh high tecnology dan investasi yang sangat besar. Belum lagi urusan pajak. Dengan harga jual cuma 95 juta berarti harga riil mobil ini dibawah 50 juta. Dia meragukan kelayakan mobil yang diproduksi dengan biaya serendah itu. “Kalau mobil (Esemka) ini ditelanjangi, saya yakin ada masalah. Kalo lokal kontennya 80% saya kira saat ini masih teramat sulit ” begitu kata Subronto Laras.

Sayang perusahaan otomotif di Indonesia seperti Astra dan Indomobil lebih nyaman sebagai ATPM ketimbang mencoba untuk membangun merek sendiri melepaskan diri dari cengkraman asing. Maunya cuma yang gampang2 saja tidak mau susah dan mengambil resiko. Makanya kita jauh tertinggal dengan industri otomotif India atau Malaysia. Kalo tidak ada yang mencoba memulai Indonesia hanya akan menjadi bulan2an negara asing.

Walau bagaimanapun kita mesti bangga dengan Esemka, maju terus otomotif Indonesia !!!

Berikut ini spesifikasi Esemka Rajawali

  • Varian : Sport Utility Vehicle (SUV)
  • Warna : Hitam
  • Mesin : Sistem injeksi 4 silinder 1.500cc
  • Kafasitas Penumpang: 7 orang
  • Fitur Pendukung: power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD dan sensor parkir.
  • Kisaran Harga : 75 hingga 95 juta rupiah.

 

referensi : bisnis indonesia, autos.okezone.com, iskaruji.com

~ oleh masbloro pada 4 Januari 2012.

17 Tanggapan to “Esemka, bikin ATPM kebakaran jenggot”

  1. ATPM takut sawahnya di pacul anak esemka😀

  2. Malu sama anak smk

  3. tambah saingane..

  4. Salut dengan pemuda Indonesia. Maju terus Indonesia.

  5. Subronto mestinya malu kasih koment seperti itu! Dia sudah brapa lama ngerakit mobil. Apa sumbangsihnya bagi kemandirian industri otomotif Indonesia ha ? Gak ada !!!!

  6. BIKIN PANAS
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/04/diy-modifikasi-sederhana-honda-megapro-pasang-sendiri-visor-tiger-ke-honda-megapro/

  7. wah udah injecksi walau masih pake mesin timor yach

    mantab lah

  8. sudah pastilah..kyknya bakalan make jalur kekuasaan utk menekan..

    nitip masbro..
    http://boerhunt.wordpress.com/2012/01/04/sebuah-tinjauan-standar-emisi-euro-bukanlah-dikotomi-injeksi-vs-karburator-bag-i/

  9. subronto itu antek” penjajah gg mau negeri indonesia ini maju dan mandiri. maunya CS an ma jepang keparat yg terus ngisap darah sementara indonesia tebuai terus…. lihat INDIA MALAYSIA KOREA mereka sudah maju karena bisa mandiri dan mencintai produksi dalam negerinya.

  10. Siap-siaplah dunia, Esemka akan menggebrak dunia🙂
    http://jerukpisang.wordpress.com/2012/01/04/waduh-esemka-diejek-orang-malaysia/

  11. gk layak kalo 50jt?
    wkwkwkwkwkwkwkwk dasar atpm mata duitan
    asal tau aja jazz di cina itu paling sekitar 60jt
    honda dibawah 100jt gk layak dong
    wkwkwkwkwkwkwkwkwk
    sini aja yang pajaknya gede, kalo pemerintah berani subsidi mobil lokal pasti harganya jauh lebih murah
    mutu jelas masih dibawah mobil jepang atau korea
    tapi seiring waktu pembelajaran pasti bisa menjadi lebih baik
    lihat contohnya proton di malaysia
    banyak koq yg complain kualitas proton disana tp tetap banyak yg beli karena harganya murah
    akhirnya industri otomotifnya berkembang, proton malah bisa membeli saham di lotus sehingga teknologi lotus bisa dialihkan ke proton
    akhirnya proton dah ekspor ke penjuru dunia
    ini jadi pembelajaran buat pemerintah, apakah mereka pro rakyat atau pengusaha atpm otomotif
    walau pribadi pesimis si sama aparat negara sini, dikasih duit juga manggut-manggut

  12. biar dikata apa,,, produk nasional didukung,,,

    yg bener tu di ujiken kelayakan nya,,,
    biar tahu,,, bahwa indonesia bisa,,,

  13. ups borok sendiri kebongkar..
    mobil2 yg dijual ATPM modalnya dibawah 30% dr MSRP donk berkat teknologi tinggi dan investasi yang gede :p
    *kaborrrr

  14. jangan sampai karya bangsa ini di klaim oleh negara lain…
    kalau sudah di kalim repot nanti urusannya..
    ayo lah cintai produk indonesia karena kalau bukan kita siapa lagi…

    perlu kita ketahui bahwa dukungan pemerintah terhadap kaya anak negeri masih kurang bahkan perlu desakan-desakan dulu baru di dukung….
    hal seperti ini sangat-sangat merugikan..

    indonesia merdeka pada tahun 1945..
    nagasaki & hiroshima di bom atom pada tahun 1945..
    tapi kenapa jepang sangat jauh berkembang di banding indonesia..
    sekarang jepang sudah menjadi negara maju
    karena pada saat negara jepang hancur oleh bom atom pemuda” penerus bangsa di sekolahkan keluar negeri dan saat pemuda sudah memasuki usia produktif dan memiliki ilmu yang lebih mereka kembali ke jepang dan membangun kembali bangsanya..
    jepang menjadi negara maju bukan dalam semalam tapi butuh proses..
    sedangkan indonesia masih negara berkembang..
    padahal potensi-potensi anak negeri sangat bagus…

    disinilah pemerintah harus ikut andil dalam mengembangkan potensi dari penerus bangsanya..

    saya yakin suatu saat nanti indonesia akan menjadi negara maju jika pemerintah mau mendukung anak negeri..

    hidup indonesia..
    kembangkan karyamu..
    dan jangan mau di jajah oleh oknum pemerintah yg bisanya hanya korupsi..

  15. Saya bangga dengan karya anak smk.sebagai sesama pengelola smk di indonesia..saya usulkan ke ditjenpsmk untuk sebarkan mobil tsb sebagai kendaraan dinas sekolah smk sel. Indonesia.mari berkarya untuk majukan smk majukan indonesia

  16. Saya bangga dengan karya anak smk.sebagai sesama pengelola smk di indonesia..saya usulkan ke ditjenpsmk untuk sebarkan mobil tsb sebagai kendaraan dinas sekolah smk sel. Indonesia.mari berkarya untuk majukan smk majukan indonesia dari sabri.smk n 1 gangga Kab.lombok utara ntb.83353. Hp 081907650651

  17. konsekwensi dari negara bayangan …PT DIRGANTRA rontok,..pt pal ghitu ghitu aja …pindad ..kurang modal ….ini mau maju dikit mobil esmka…eh ..mobil listrik di gulirkan 6 T ….Lah …piye tho negoro ku iki …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: