Geely nafsu pengen caplok Subaru

Berita di kompas.com hari ini cukup mengenyitkan dahi. Saat ini raksasa – raksasa otomotif negara2 BRIC (Brasil Rusia India China) sangat agresif mengembangkan diri. Terutama dari India dan China, mereka sepertinya haus akan teknologi. Setelah Bajaj mencaplok KTM, kemudian pabrikan lain Mahindra meminati Ducati (walaupun akhirnya gagal), Geely dari China berhasil membeli Volvo Car Croporation dari Ford, lagi-lagi pabrikan yang sama Geely Holding Group juga berkeinginan mencaplok Fuj Heavy Industries Limited, yang juga produsen Subaru.

Pencaplokan itu sangat jelas tujuannya, tidak lain adalah untuk memperkuat basis teknologi otomotif Geely. Rencananya Geely menjadikan Subaru sebagai pengisi kekosongan di tengah antara Geely dan Volvo. Rencana besar Geely adalah menempatkan Volvo untuk merek premium, sedangkan Geely bermain di segmen bawah pasar domestik. Dan Subaru mengisi gap diantara keduanya.

(baca lanjutannya)

Kabarnya Geely telah melayangkan tawaran membeli 20 persen saham Subaru melalui perantara investasi perbankan. Dengan demikian, Geely bakal jadi pemilik saham mayoritas Subaru bahkan lebih besar dari Toyota Motor Corporation, 16,5 persen saham. Namun usaha itu sepertinya tidak akan mudah. Terbukti tawaran tersebut  tak pernah direspon Subaru.

Dulu Subaru  yang terkenal dengan teknologi mesin boxer atau harisontal berlawanan dan all-wheel-drive (AWD), justru pernah mengajukan kerjasama kepada Chery Automobile Company untuk merakit mobil di China. Tapi oleh Pemerintah Pusat di Beijing ditolak karena Toyota sebagai pemilik mayoritas saham Subaru sudah punya dua perusahaan gabungan di China. Pemerintah China mewajibkan seluruh kerjasama menciptakan perusahaan gabungan dengan saham kepemilikan 50:50 dengan mitra lokal. Gara2 itu Fuji Heavy mutung mengatakan tidak lagi berminat memproduksi mobil di China, setidaknya sampai 2016.

Kalo saja keinginan tersebut tercapai bukan tidak mungkin hal tersebut akan meningkatkan kecepercayaan konsumen atas produk Geely yang pada gilirannya akan membantu Geely jualan di Indonesia. Beberapa produsen otomotif lain sudah membuktikan betapa ampuhnya aliansi seperti itu mampu mendongkrak penjualan.

Kita bisa liat bagaimana Proton sangat mengeksplor nama besar lotus untuk meningkatkan penjualan. Di dunia roda dua bagaimana Bajaj teknologinya berkembang pesat sejak menguasai KTM. untuk produk lokal Minerva juga mencoba menaikkan image dengan menggandeng perusahaan teknologi asal Jerman Sach dan Rumah desain Italy Migelli.

Sayang sekali Indonesia yang mempunyai pasar otomotif yang cukup besar tidak memiliki pemain lokal yang bisa diandalkan. Akhirnya kita hanya bisa menonton dan menjadi ladang subur untuk orang luar saja……

~ oleh masbloro pada 21 Mei 2012.

3 Tanggapan to “Geely nafsu pengen caplok Subaru”

  1. langkah instan. tapi bagus juga

    MOTOBOM Race III
    http://motoroda.wordpress.com/2012/05/21/motobom-race-3-bulan-mei-2012/

  2. indonesia mana???
    tetap jadi pasar saja sedih…😦

    http://mariodevan.wordpress.com/2012/05/21/anggel-with-yamaha-soul-gt/

  3. Mantap ulasannya mas…kapan ni Indon dengan mobil ESEMKA nya?? knp gk dpt dukungan dr pemerintah ya..mana menteri perindustrian, menteri ESDM, menteri IPTEK dan menteri perdagangan..dimana kerjasama kalian??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: