Waduhh KTM bisa kepleset jadi APP KTM

Apa bedanya KTM dengan APP KTM? justru buat saya KTM sudah jelas dan clear, tapi APP KTM, waduh barang apalagi tuh !!!

Ternyata APP KTM adalah nama motor china yang diproduksi oleh PT. Asean Motor International atau dulu bernama PT. Varia Mobilindo dengan merk dagang APP KTM. Seperti motor-motor china lainnya produk-produk APP KTM kebanyakan modelnya mirip-mirip motor jepang, seperti Honda Win dengan nama Power Prima, Scoopy dengan nama Milan, Supra dengan nama Power K II dan lain-lain.

Sementara nama APP KTM sendiri berasal dari singkatan Asia Putra Perkasa (APP)-Kingtown Tian Ma (KTM). Asia Putra Perkasa sendiri adalah sebuah nama PT yang katanya memproduksi APP KTM ini, kemudian distributornya adalah PT. Asean Motor International (info : detik.com) tetapi kalo dilihat dari situs resminya jelas disebut PT, Asean Motor International (AMI) sebagai produsen perakitan motor sampai dengan penjualan. Jadi masih belum jelas benar siapa APP ini.

Entah disengaja atau tidak nama APP KTM sangat dekat dengan nama KTM saja yang merencanakan untuk masuk Indonesia dalam waktu dekat. Kedekatan nama ini tentu saja mengandung potensi salah persepsi diantara keduanya di masyarakat mengingat pemahaman sebuah merk masih sangat rendah.

Biker yang melek internet sebagian besar tentu sudah mengerti siapa KTM. Sebuah pabrikan motor terkemuka di kawasan Eropa. Tetapi Indonesia bukanlah Eropa. Penetrasi internet di Indonesia tergolong rendah, hanya 1 dari 5 orang di Indonesia dengan usia diatas 15 tahun yang melek internet atau hanya 26% saja dari seluruh penduduk Indonesia. Jadi kemungkinan besar lebih banyak orang yang tidak mengenal KTM ketimbang yang mengenal.

Jika APP KTM lebih memilih menyisir ke daerah pelosok luar Jawa, KTM tentu saja hanya akan fokus di kota – kota besar karena motornya memang untuk kelas premium. Kalo dilihat dari segmen pasar yang dibidik ada sedikit perbedaan, APP KTM lebih menyasar pada motor murah dengan kubikasi kecil, sementara KTM menyasar kelas premium dengan kubikasi lebih luas dari 125 cc hingga diatas 1000 cc.  Dengan kata lain antara APP KTM dan KTM berbeda kasta. Tetapi tetap saja kesalahan persepsi ini akan membawa dampak buruk bagi KTM, terutama di daerah-daerah.

Ini akan menjadi PR pertama buat ATPM KTM di Indonesia, bagaimana menjelaskan produk KTM Austria sebenarnya ke masyarakat. KTM sudah mempunyai brand image yang baik di dunia. Nantinya tinggal dipoles dengan sedikit Brand Awareness Strategy yang tepat akan dengan mudah dapat membangun citra positif di masyarakat.

Positioning tentu menjadi hal yang penting untuk membedakan diri dengan APP KTM. Ini harus dijelaskan dengan gamblang kepada masyarakat. dengan demikian KTM akan memiliki awareness sangat tinggi dalam bentuk top of mind dan memiliki image yang kuat. Dua komponen itulah yang kemudian menghasilkan price premium dan brand loyalty untuk KTM. Kalau sudah mencapai taraf brand loyalty, ada benefit yang sangat jelas, baik buat konsumen maupun KTM. Bagi konsumen, benefit dari merek yang kuat adalah mereka lebih confident membeli, mereka merasa lebih puas, dan tidak perlu mencari informasi baru. Sedangkan bagi KTM, menjadi lebih besar profitnya, lebih stabil pasarnya, dan bisa me-leverage pasar itu. Banyak hal bisa dilakukan oleh KTM, tentunya ahli marketing mereka lebih pintar dalam memetakan pasar dan menyusun strategi.

Nah kalo begitu siapa yang akan diuntungkan?…. silahkan dishare pendapatnya.

~ oleh masbloro pada 22 Mei 2012.

8 Tanggapan to “Waduhh KTM bisa kepleset jadi APP KTM”

  1. kate siape,..KTM😀 (iklan inul)

  2. kudu mengubah mindset

    http://areeya2.wordpress.com/2012/05/22/gak-nyangka-bangeeettttt/

  3. APP KTM ini yang iklannya pake Inul itu ya?
    Kayanya beda lagi deh.

  4. setelah kuang tang motor (KTM) eh ini ada lagi.😀

    Selamat Datang Era MoGe
    http://motoroda.wordpress.com/2012/05/23/moge-di-indonesia-besok-lebih-moncer-dari-pada-di-eropa/

  5. PT. APP dan PT. AMI adalah sister company

  6. Dulu banget pernah lihat inul ngiklanin KTM?
    googling kesana kemari nyari ini app ktm…
    eh dimari ada penjelasan kumplitnya!!

    Thanks ya infonya…

  7. KTM Dong Ah

  8. kate siape :v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: