Inilah cara Singapura mengatasi kemacetan

Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia, pengen memiliki mobil asal ada duit tinggal beli gak perduli makin hari jalanan makin macet, gak perduli negara habis dibuang dijalan lewat subsidi BBM. Di Indonesia tidak ada regulasi yang mengatur siapa yang boleh beli mobil siapa yang tidak. Mungkin kebijakan ini terkait dengan besarnya tenaga kerja yang terserap di dunia otomotif, mulai dari tukang tambal ban sampai buruh yang merakit kendaraan.

Sementara, tetangga kita Singapura. Bukan perkara mudah buat penduduk Singapura memiliki mobil. Bukan saja persoalan harga mobil dan pajak yang tinggi yang jadi soal tetapi pemerintah Singapura sangat membatasi kepemilikan mobil. Untuk memliki sebuah mobil warga Singapura harus memiliki lisensi kepemilikan kendaraan dengan tujuan mengontrol kemacetan.

Saking banyaknya orang kaya di Singapura dan terbatasnya lisensi yang dikeluarkan membuat harga lisensi dari tahun ke tahun semakin mahal. Tahun ini harga sebuah lincensi mencapai S$ 86.889 atau sekitar 644,15 juta. Wow kalo kita punya duit segitu,  sudah bisa beli mobil sport Toyota FT 86 spec termahal. Harga lisensi ini naik 10 kali lipat dari harga tiga tahun yang lalu.

Sebagai contoh harga sedan Passat 2012 dari VW dibandrol dengan harga US$ 152.000 termasuk lisensi. Harga tersebut setara dengan harga sebuah rumah di daerah metropolitan Amerika Serikat. Ijin lisensi ini berlaku untuk jangka waktu 10 tahun bisa termasuk harga jual bisa juga berupa ijin terbuka sehingga bisa memilih tipe mobil apapun.

Selain biaya lisensi warga singapura juga masih dibebani biaya regristrasi dan pajak bisa mencapai 150% dari harga mobil. Tidak mengherankan jika laju pertumbuhan kendaraan bisa dikendalikan hanya 1,5% per tahun dengan jumlah kendaraan mencapai 603.723 unit pada akhir tahun 2011.

Luar biasa….

~ oleh masbloro pada 8 Juni 2012.

10 Tanggapan to “Inilah cara Singapura mengatasi kemacetan”

  1. mantap😦
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/08/yamaha-selangkah-lebih-maju-dalam-spareparts-dibandingkan-honda-sebuah-pendapat

  2. yah………..kita jgn dulu mencontoh seperti itulah……”beda ukuran bajunya”

  3. sip ajib

  4. itu hanya salah satu caramencegah kemacetan.

    – tranportasi massal nya bagus,tepat waktu,nyaman
    – jalanan rata2 satu arah
    – jalan bawah tanah
    – bayar tol/parkir otomatis
    – biaya parkir mahal
    – pajak kendaraan ada bermacam2 dan mendapat warna plat yang berbeda, ada yang bisa keluar tiap hari,ada yang hanya weekday,siang,malam.
    – tilang elektronik,dan dendanya tinggi

  5. ini indonesia bung bukan negara upil singapura.

  6. jangan hanya membandingkan harga mobil dan pajak2nya saja, tolong bandingkan juga ketersediaan angkutan umum yg ter-integrasi dengan sangat baik di singapura.

    percuma mobil di mahalkan apabila tidak ada kendaraan umum yg aman nyaman serta dapat diandalkan.

    lihat bis-bis disana, jauh sekali kondisinya dibandingkan bis-bis di jakarta.
    lihat MRT, sudah menjangkau seluruh negeri singapura.

    jadi tidak bisa kalau hanya membandingkan satu hal saja. masalah kemacetan adalah masalah yg sangat kompleks. sayangnya di indonesia terlalu banyak kepentingan pribadi/kelompok yg akhirnya membuat integrasi kendaraan umum ini nga jalan…

    intinya cuma 1, pemerintah indonesia mandul…

  7. kalau harga mobil &peraturan seperti di indonesia, mungkin orang singapura bisa punya 4-5 mobil per orang, tidak kebayang kalau pulau sekecil itu penuh dengan mobil…kalau indonesia hanya kota kota besar saja yang banyak mobil…IMHO

  8. weee….sungguh sangat, ditiru…..(licensinya saja bisa membeli 4mobli kelas minibus)

  9. ini memang indonesia (tertinggal tingkat kemajuan..hehehe) yang penuh kontra, kadang ukuran celana bisa sama dengan “toko singapura”, meniru yang pintar..? hmm>>nyok kita belajar sama yang ahli hihihihi…memang ok kok singapura dan yang kaya disana 33% persen orang indonesia, jadi upil singapura ( copas tulisan) bisa mengembang juga kayak “krupuk UPIL “indonesia digoreng jadi krupuk upil. Hahahahahahahaa……..damai indonesiaKU,, pintar! Itu tujuan kita .

    My respect

  10. perlu dicontoh keberhasilan singapura dalam mengatasi kemacetan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: