Nissan Note, mungkin gak ya dibawa kemari

Sekitar seminggu yang lalu Nissan Motor Co (NMC) meluncurkan city car baru untuk pasar Jepang di Oranbashi, Yokohama, Jepang. Note ini merupakan versi komersialnya  Invitation yang waktu itu masih dalam bentuk mobil konsep. Note secara fisik memang cukup menarik, kira – kira masuklah untuk selera orang Indonesia. Namun Nissan di Indonesia sudah punya March yang diandalkan untuk bertarung di kelas city car.

Mungkin gak ya kalo Note ini diboyong kemari? ….. Sebelum ngomongin itu kita lihat dulu Note-nya sendiri.

Nissan Note 2013 yang didesain sebagai global compact car berbentuk hatchback.  Note berdiri di atas platform yang sama dengan Nissan March dan Almera. Body-nya di desain dengan pahatan-pahatan baru dari depan yang terinspirasi dari labu, samping hingga belakang sehingga secara keseluruhan terlihat lebih muscle dan modern.  Nissan menyebutnya Squash Line.

Untuk menghasilkan mobil paling irit dan ramah lingkungan di kelasnya, Nissan mengawinkan teknologi maju berupa paltform ringan dan perbaikan aerodinamika. Sementara ini Note dijual dalam 2 pilihan mesin HR12DDR (DIG-S) supercharger dan HR12DE, berbagi dengan Nissan March. Note telah ditengkapi dengan transmisi XTRONIC CVT (Continuously Variable Transmission) dan Idling Stop System untuk tipe 2WD. Mesin DIG-S hanya meminum 1 liter bensin untuk melaju hingga 25,2 km.

Melihat desain body yang lebih universal dan teknologi yang dibawa, sangat layak jika Note ikut nimbrung buat menghambat penjualan kompetitor. Bahkan bisa menjadi senjata ampuh untuk menghadapi Honda Brio, KIA Picanto, Hyundai i10, Chevrolet spark, Suzuki Karimun Estilo, Mitsubishi Mirage, peugeot 107 atau Toyota Liva yang sebentar lagi menyusul ke pasar. Tidak perlu khawatir akan ada kasus jeruk minum jeruk karena sytle keduanya jelas berbeda. Ibarat motor antara Scoopy dengan beat. Justru mereka bisa saling melengkapi dan memperluas pasar.

Nissan sudah punya pengalaman untuk itu. Hadirnya Evalia ternyata tidak memakan pasar Nissan Grand Livina. Bahkan keduanya telah menjadi andalan Nissan. Terbukti keduanya menduduki posisi satu dan dua dalam hal penjualan diantara keluarga Nissan.

Tunggu apa lagi Nissan, segera bawa ke Indonesia!…. eh jangan lupa kalo bisa harganya juga bersahabat….

~ oleh masbloro pada 8 Agustus 2012.

Satu Tanggapan to “Nissan Note, mungkin gak ya dibawa kemari”

  1. Wuiih irit bener ya Gan.. FC 1:25,2 gt..? mantap..! Smg aja dipasarin di Indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: