Ford B-Max, mantaps kalo dibawa kesini

Sekilas kalo melihat tampilan eksteriornya, pasti langsung mengambil kesimpulan kalo itu adalah Ford Fiesta. Tidak salah memang, karena B-Max memang berbasis Ford Fiesta. Tetapi yang membuat B-Max sangat berbeda dengan Fiesta adalah rancangan pintunya yang revolusioner. Ford seolah menghilangkan pilar B sehingga membuat ketika pintu depan dan belakang dibuka terlihat lega. Ini tentu saja menyenangkan buat orang berbadan besar buat masuk mobil.

Kenapa dibilang seolah menghilangkan pilar B ? karena menurut Ford pilar B tetap ada tetapi didesain bisa digeser mengikuti pintu belakang yang didesain model pintu geser. Walaupun pilarnya model geser Ford sangat yakin B-Max akan mampu melewati uji benturan EuroNCAP dengan mendapatkan bintang lima untuk faktor keamanan.

Kehebatan tampilan luarnya juga diimbangi oleh kehebatan mesinnya. Walaupun cuma menyandang kubikasi yang tergolong mungil 1.000 cc tetapi kemampuannya bisa dibilang diatas kemampuan mesin 1 liter lain yang beredar sekarang. Mesin ini mempunyai 3-silinder plus turbocharger yang menghasilkan power 74kW (100 PS). Tersedia juga pilihan dengan sistem Start-Stop, hasilnya lebih hebat, power yang dihasilkan lebih besar 120 PS atau 88 kW. Ford juga menawarkan mesin bensin1.4 dan 1.6 liter bensin dan 1.6 diesel dan mesin bensin 1.5 liter.

Masih kurang? Mesin ini juga diklaim sangat irit bahan bakar. Dalam kondisi standar bisa mencapai 23,4 kpl. Sedangkan yang dilengkapi dengan Start-Stop, lebih irit lagi 24,2 liter. Bahkan untuk mesin diesel Duractorq 1.6 liter, 29,7 kpl. Jelas ini merupakan bekal yang baik jika dibawa ke Indonesia karena secara teknologi sudah memenuhi syarat sebagai kendaraan  Low Cost and Green Car (LCGC) yang digagas pemerintah.

Ber cc kecil dan irit ternyata tak membuat kemampuan B-Max terpasung. Ford mengklaim B-Max sanggup dipacu hingga 188 km/jam.  Selain itu akselerasinya juga yahud, untuk 0–100 kpj hanya butuh 11,2 detik dan 50–100 hanya dalam 9,7 detik. Padahal bobot MPV ini cukup lumayan, 1.279 kg atau lebih berat sekitar 126 kg dari Fiesta hatchback dengan mesin 1,6  dan transmisi otomatik.

Sayang bandrolnya masih cukup mahal. Di eropa D-Max dijual dengan rentang harga mulai  dari Rp 191,5 juta sampai Rp 286 juta. Masih cukup mahal untuk ukuran orang Indonesia.

Semoga saja kalo masuk ke Indonesia harganya bisa lebih bersahabat

~ oleh masbloro pada 4 September 2012.

Satu Tanggapan to “Ford B-Max, mantaps kalo dibawa kesini”

  1. Oke juga tuh Gan..
    Buat saya pribadi sih masih lebih milih Hyundai Veloster, apalagi Hyundai Veloster Turbo… sip tenan.
    Rumor sih tahun depan Hyundai Veloster bakal dirilis di Indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: