Penjualan Yamaha Lexam tahun 2012 (sd Juli) = 0, apa yang salah?

Penjualan Yamaha lexam tahun 2012 = 0 (nol)? …  sebenarnya hampir gak yakin. Tapi setelah dicek bener2 memang gak ada angkanya alias nol alias zero. Ini benar – benar pukulan telak buat Yamaha. Benar benar gak disangka gak dinyana. Apa yang salah?

Nasib bebek matik berada di ujung tanduk. Kondisi seperti ini nyaris terjadi juga untuk Honda Revo AT. Beruntung Honda terselamatkan oleh penjualan bulan April dan Mei yang mecatat penjualan 100 dan 98 unit, atau total penjualan sampai dengan 236 unit sampai dengan bulan Juli 2012. Dibandingkan penjualan tahun lalu dalam periode yang sama sangat jauh. Tahun lalu pada periode yang sama Lexam terjual 5.759 unit, lebih baik dari Revo AT yang terjual 4.529 unit.

Bebek matik yang mencoba mengambil segmen diantara bebek dan motor matik gagal menunjukkan taringnya. Proses pemunculan produk baru untuk pabrikan sekelas Honda dan Yamaha pastinya sudah melalui riset pasar yang bisa dipertanggungjawabkan. Karena biaya riset dan development-nya tidak sedikit. Pasar berkata lain, konsumen Indonesia memang berperilaku unik terhadap produk yang dianggap aneh atau tidak umum. Contoh lain terlihat dari produk Honda lainnya CS1 yang bisa dibilang tidak sukses dipasaran.

Kecenderungan pasar kedepan memang mengarah pada 2 model motor matik atau sport seperti kondisi pada negara yang lebih mapan. Walaupun pangsa pasarnya tidak besar, motor sport selalu tumbuh tiap tahunnya, demikian juga untuk motor matik. Bahkan matik saat ini telah menjadi raja motor di Indonesia.  Kondisi berlawanan terjadi di pasar bebek, dalam beberapa tahun terakhir porsinya cenderung menurun. Apalagi pabrikan besar tidak banyak melakukan inovasi baru di dunia bebek. Model dan teknologinya tidak banyak berubah.

Kondisi tersebut menempatkan bebek matik dalam posisi nanggung. Konsumen tidak melihat ada kelebihan yang menonjol dari bebek matik dibanding bebek atau matik. Justru yang terlihat hanyalah keribetan karena harus memelihara belt matik sama rante sekaligus. Dari sisi model baik lexam maupun Revo AT juga tidak terbilang istimewa bahkan cenderung sedikit ketinggalan. Dalam benak konsumen jika yang menjadi pertimbangan kepraktisan cenderung akan memilih motor matik karena lebih banyak pilihan. Sedangkan bebek matik, ya cuma begitu saja.

Bisa dibilang bebek matik dalam posisi maju kena, mundur kena. Kalo jalan terus tentunya diperlukan usaha yang lebih kuat dan biaya lebih besar untuk mengedukasi pasar dengan resiko kerugian yang lebih besar. Atau mundur teratur dengan resiko menanggung kerugian juga walaupun tidak sebesar jika mundurnya di beberapa tahun lagi.

Walaupun mencatat hasil penjualan yang buruk sepertinya Yamaha dan Honda masih optimis akan masa depan bebek matik. Terbukti keduanya belum menunjukkan tanda – tanda akan menyerah dengan menyetop produksi keduanya.

Sampai kapan bebek matik akan bertahan? … waktu yang akan menjawabnya.

About these ads

~ oleh masbloro pada 30 Agustus 2012.

16 Tanggapan to “Penjualan Yamaha Lexam tahun 2012 (sd Juli) = 0, apa yang salah?”

  1. bukannya emang dah resmi disuntik mati..

  2. Kasihan, modal buat bikin mould plastik pun gak balik :D

  3. Yamaha maupun Honda terlalu terpaku pada anggapan bahwa apapun yang mereka luncurkan pasti laku, konsumen Indonesia secara berangsur angsur akan lebih cerdas dan kritis; sudah mulai tidak mudah terbuai oleh iklan iklan yang sering berlebihan / tidak realistis. Di India, Malaysia, Philipine; penunggang bebek atau Matic di dominasi oleh kaum Hawa, motor sport di gunakan mayoritas kaum adam. kaum pria akan malu kalau pakai bebek / matic karena akan di ejek. Indonesia mirip Vietnam kamboja laos. bebek di beli karena murah dan bisa di pakai seluruh anggota keluarga (ini karena harga motor dan pajaknya di Indonesia termasuk tertinggi di asean, tapi daya beli termasuk tersendah)

  4. coba dulu masukkin aja new nouvo…..

  5. amankan podium,,heheh,,,

    http://roda2makassar.wordpress.com/2012/08/30/engine-cutting-supra-x-125-helm-in/

  6. lah kog bisa????
    emang ga ada sama sekali yah yang membeli lexam????
    promoin gede – gedean lagi donk mangkanya..

  7. Harganya itu loh apalagi si lexam sangat sangat OVERPRESSSSSS

  8. Ikutin strategi Bajaj, Produk 2011 diskon 2-3jt,
    kalo harganya 12-13jtan mungkin ane pertimbangin buat beli :D

  9. http://blackeagle98.blogspot.com/2012/08/perbedaan-performa-2-tak-dan-4-tak.html
    Perbedaan performa 2-tak dan 4-tak makin kecil

  10. itu motor kan memang udah disuntik mati,,

  11. walaupun CS-1 tidak sukses tapi jelas lebih unggul dari si Lexam yang langka bin ajaib di jakarta. toh CS 1 masih sering terlihat seliweran. ibaratnya sejumlah populasi ninja 250 mungkin.

  12. masi mending revo AT yak dibandingkan lexam yang sepertinya lebam2 bahkan bonyok..lha wong penjualan bs nol bgitu, ckckck..turut berduka untuk lexam, wakakaka

  13. he aku loh penikmat lexam sampai tak tunggangi setiap hari

  14. Wah kalo gitu promosikan dah lebih motor Matic nya…… Harus bisa kalahkan Honda…. Persaingan kayak Lorenso dan Pedrosa baru seru………

  15. dp nya kemahalan sih, makanya motor model baru jgn terlalu tinggi dpnya.

  16. Produk yang dibilang gagal ternyata lebih kuat dari produk tidak gagal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: